Jumat, 25 Januari 2008

Saya Pernah Menari..

Dari kecil saya sangat tergila-gila dengan hal yg disebut "menari". Bila ada film-film about dance, saya pasti langsung nongkrong di depan TV. Kalo ada film GRACE diperankan John Travolta, biar diputar ulang berapa kalipun, saya tetap suka film itu. Termasuk film The Sound of Music.

Kecuali film india..hakhakhaka..ga tau kenapa, dari dulu saya kurang suka dengan gaya tari ala India.

Oleh orang tua, saya di ikut sertakan di berbagai kursus nari. Berawal dari TK, saya les ballet selama 2 tahun, di sekolah ballet yang cukup ternama di dunia ballet internasional, Marlupi Dance Group, yang dipimpin oleh Marlupi Sijangga. Lalu karena ortu saya berpindah rumah, otomatis les ballet saya harus berhenti. Bahkan sempat terjadi perebutan monix, antara mama dan guru ballet saya. Hakhakhakahhak..

Singkat cerita saya berpindah-pindah kursus nari. Baik dari tari ballet classic, tradisional Indonesia, modern dance, dan ballet jazz. Guru-guru yang melatih saya adalah lulusan Marlupi yang semua gerakan dasar nya adalah ballet, kecuali guru tari tradisional. Memang fokus nya berbeda-beda, tapi saya menyukainya. Bahkan dunia panggung, untuk saya bukanlah hal yang asing. Dari tahun 1998 sampai 2001 udah ratusan kali, karena dalam satu minggu grup saya show untuk acara pernikahan, minim setiap hari sabtu..hakahkah.. dengan bayaran yang lumayan pada saat itu. paling engga, dgn upah dari menari, saya bisa beli sepasang sepatu baru hampir setiap bulannya..

Thn 2001 saya mulai kuliah di luar kota kelahiran saya. Sambil mendaftar kuliah, saya sambilan nyari2 dance grup. Tapi ternyata mungkin Tuhan berkehendak lain, saya batal join dgn salah satu dance grup di kampus, karena ternyata mereka show untuk diskotik. Ow noo..!

Akhirnya saya bener-bener vakum menari.. hmm..kurang lebih udah ga nari selama 4 tahun.. Bayangin aja, badan saya udah kaku nya gimana..hakakhakha.. Tapi untuk mengisi waktu kosong selama hampir 2 thn, saya ikut latihan taekwondo, yah lumayan berat seh..tapi cukup menyenangkan..

Jujur, saya kangeeen bangeet pengen nari.. Sampai akhirnya Tuhan kabulkan doa saya.. Saya bisa menari lagi, tapi kali ini untuk Tuhan, bukan untuk acara pernikahan seperti sebelum-sebelumnya.. Setiap saat kalo saya sedang mendengarkan/menyimak sebuah lagu, tidak jarang bila tiba-tiba di kepala saya timbul ide2 gerakan-gerakan tari..

Hmm..ternyata dari semua tarian yang pernah saya pelajari, dari semua ekspresi yang pernah saya pelajari dalam menari, ga ada yang bisa menandingi ekspresi bila menari buat Tuhan.. Mau sebagus apapun penari mengekspresikan gerakannya dalam tarian, mo badannya selentur apapun, mo kostum nya sebagus apapun, kalo ga ada urapan dari Tuhan, semuanya percuma..

Tarian dunia, hanya bagus untuk memikat hati manusia. Tapi terserah kita, apakah kita mau menari untuk dilihat hanya sebatas oleh manusia, atau menari untuk mendapatkan hati Tuhan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar